Cara Menambahkan Brush Pada Adobe Photoshop

Brush, Pattern, Actions, Syles dan lain-lain adalah fasilitas yang dimiliki oleh Adobe Photoshop untuk mempermudah penggunannya melakukan pengeditan pada sebuah obyek. Semua plugins tersebut dapat kita tambahkan secara manual untuk melengkapi fasilitas default Adobe Photoshop.

Menambahkan brush atau plugins lainnya dapat anda lakukan dengan membuatnya sendiri. Namun apabila belum mahir, silahkan cari lewat internet dan mendownloadnya. Setiap file yang dimiliki plugins tersebut berbeda-beda. Sebelum dilanjutkan, ada baiknya anda memahami masing-masing Type Filenya. Perhatikan gambar dibawah ini.



Type File dan icon preset pada adobe photoshop

Actions (ATN), Brush (ABR), Gradient (GRD), Patterns (PAT), Shapes (CSH), dan Style (ASL).



Menambahkan Brush Pada Photoshop

A. Cara Pertama (Opsi Copy-Paste)

1. Siapkan Brush yang akan dimasukan kedalam Adobe Photoshop.

2. Copy File Brush yang telah disiapkan. Jika anda ingin menambahkan banyak brush maka copy semua. Disini saya hanya menambahkan satu Brush dengan nama "Flora Techno".



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Opsi Copy-paste

3. Klik Local Disk (C) > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CC (Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CC) > Presets . Anda dapat melihat beberapa folder seperti Actions, Brush, Gradient, Patterns, Shapes, Style dan lain-lain, karena sekarang kita sedang menambahkan Brush maka buka Folder Brush lalu Paste. Perhatikan gambar berikut.



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Opsi Copy-paste 2

4. Buka Adobe Photoshop, klik Brush Tool pada Toolbox.



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Opsi Copy-paste 3

5. Selanjutnya pada Property Bar, pilih Brush Preset Picker (Icon Setting) untuk melihat atau membuka pilihan dan menambah Brush. Lalu klik brush "Flora Techno" untuk mengaktifkan.



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Opsi Copy-paste 4

6. Klik Append untuk menyetujui penambahan Brush Baru, Sekarang, brush siap digunakan.



B. Cara Kedua (Load Brushes)

1. Siapkan Brush yang akan dimasukan kedalam Adobe Photoshop.

2. Simpan File brush didalam sebuah folder, beri nama folder tersebut "Brush" agar mudah diingat.


3. Buka Adobe Photoshop, klik Brush Tool pada Toolbox.



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Load Brushes

4. Selanjutnya pada Property Bar, pilih Brush Preset Picker (Icon Setting) > Load Brushes > Buka Folder "Brush"> Klik Brush Flora Techno. Jika anda ingin menambahkan banyak brush, ulangi langkah ini dan masukan satu persatu. Selesai.



Cara Menambahkan Brush Photoshop dengan Load Brushes 2

Demikian tutorial cara menambahkan Brush pada Adobe Photoshop, anda dapat memilih menggunakan cara pertama atau kedua. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk menambahkan plugins lain seperti Action, Pattern, Style dan lain-lain, semoga bermanfaat.



Comments